Apa Saja Perbedaan Pertamax dan Pertalite?

Seperti diketahui Pertamax dan Pertalite adalah dua jenis BBM yang berbeda. Kedua jenis BBM ini mengalami kenaikan harga di September 2022 lalu dan kenaikannya serentak di seluruh Indonesia. Perlu dipahami juga bahwa masyarakat Indonesia banyak memilih BBM dengan jenis Pertalite dan Pertamax namun tidak semuanya tahu apa perbedaan dari keduanya.

Apa saja perbedaan Pertamax dan Pertalite? Mengetahui perbedaan kedua jenis BBM ini sangat penting agar anda tahu apa bahan bakar yang tepat untuk kendaraan yang dimiliki. Berikut perbedaannya.

1. Warna

Perbedaan pertama yang paling mudah dilihat adalah pada warna. Keduanya merupakan bahan bakar minyak namun punya perbedaan pada karakteristik warna. Pertalite memiliki warna dasar hijau terang, sementara untuk Pertamax warna dasarnya biru kehijauan.

Dari kedua warna ini sebenarnya orang-orang jauh lebih mudah untuk membedakan antara Pertamax dan Pertalite sehingga tidak akan salah membeli, terlebih jika mengisi BBM di tempat eceran.

2. Nilai Oktan

Hal kedua yang harus dipahami antara Pertalite dan Pertamax, Anda bisa menemukan perbedaannya pada nilai oktan. Nilai oktan bisa menjadi tolak ukur kualitas BBM untuk bensin yang biasanya diambil dari RON. Pertamax memiliki nilai oktan 92 sedangkan untuk Pertalite memiliki nilai oktan sebesar 90. Kedua perbedaan ini akan memberikan perbedaan pula pada nilai tekan yang signifikan.

3. Perbedaan Pada Spesifikasi

Selanjutnya Anda juga harus tahu bahwa kedua jenis BBM ini memiliki perbedaan pada spesifikasi. Pertalite merupakan bahan bakar yang sebagian besar banyak digunakan untuk kendaraan di Indonesia. Pertalite ini punya tambahan aditif yang membuat BBM satu ini bisa menempuh jarak lebih jauh dengan menjaga kualitas kendaraan dan untuk harganya jauh lebih terjangkau dibanding pertamax. Karena jarak tempuhnya lebih jauh, pertalite juga lebih hemat bahan bakar dibanding pertamax.

Sementara untuk Pertamax punya Ecosave technologi yang punya kemampuan untuk membersihkan bagian dalam mesin. Pertamax juga punya kemampuan untuk sebagai pelindung anti karat pada bagian dinding tangki kendaraan dan saluran bahan bakar. Pertamax juga punya kemampuan untuk menjaga kemurnian bahan bakar dan menjadikan proses pembakaran lebih sempurna.

4. Tingkat Polusi dan Kompresi Resin

Faktanya adalah bahwa setiap bahan bakar punya tingkat polusi yang berbeda-beda yang dipengaruhi oleh kualitas BBM itu sendiri. Untuk Pertamax memiliki jumlah polusi lebih sedikit dibanding Pertalite. Alasannya karena pertalite memiliki nilai oktan yang lebih rendah dibanding Pertamax. Jadi jika dilihat dari kelestarian lingkungan maka pertahanan max lebih dianjurkan meskipun memang harganya jauh lebih mahal.

Selain perbedaan pada tingkat polusi Pertalite dan Pertamax juga punya perbedaan pada tingkat kompresi resin. Namun perlu diketahui bahwa antara Pertamax dan Pertalite tingkat kompresi resinnya, tidak terlalu jauh berbeda.

5. Perbedaan Pada Sisi Kehematan

Dari sisi kehematan Pertamax disebut merupakan BBM yang jauh lebih hemat atau lebih irit dibanding pertalite. Alasannya karena Pertamax punya nilai oktan yang lebih tinggi dibanding pertalite.

Tetapi jika membandingkan sisi kehematan antara Pertalite dan Pertamax berdasarkan harga, maka untuk pertalite sendiri harganya jauh lebih murah. Jadi tinggal sesuaikan saja kebutuhan Anda apakah lebih memilih Pertamax atau Pertalite. Perbedaan harga juga mungkin terjadi berdasarkan wilayah antara pulau Jawa dan luar pulau Jawa.

Itu tadi perbedaan antara Pertamax dan Pertalite. Mengetahui perbedaan antara Pertamax dan Pertalite menjadi sarana edukasi untuk Anda, untuk memilih bahan bakar minyak yang tepat sesuai kebutuhan dan juga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Untuk Anda yang sedang membutuhkan produk-produk terbaik khususnya untuk produk lokal, untuk kebutuhan fashion anak muda maka Anda bisa pilih Apparel Eiger. Produk Eiger sendiri tidak diragukan kualitasnya dan memiliki banyak sekali kategori produk. Tidak hanya produk pakaian pria untuk indoor maupun outdoor terdapat juga pilihan lainnya, bahkan terdapat koleksi pakaian wanita.

Mulai dari kemeja, kaos, sweater, jaket dan masih banyak lagi. Untuk Anda yang sedang berburu brand Eiger, merk ini juga melakukan flash sale dan memberikan diskon untuk yang beli produk dari brand ini, terutama jika beli diĀ  website Eigeradventure.com

 

Baca juga: Cara Perpanjang SIM Online Tanpa Ribet Bisa Dilakukan Sendiri