5 Cara Susun Anggaran Demi HP Baru Saat Lebaran

Lebaran biasanya menjadi ajang silaturahmi bersama keluarga dan orang yang disayangi. Tak heran jika momen tersebut juga menjadi momen untuk membeli barang-barang baru salah satunya hp baru. Membeli hp baru pasti memerlukan dan yang tidak sedikit. Oleh karena itu, kamu perlu menyusun anggaran yang tepat agar tidak mengganggu keuangan.

Hitung Dana yang Diperlukan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan menghitung total dana yang diperlukan untuk membeli handphone baru. Pastikan kamu menghitung semua anggaran bukan hanya harga handphonenya saja,  tetapi termasuk dengan aksesoris dan juga biaya lainnya.

Jika kamu membelinya secara online artinya kamu juga harus memperhitungkan ongkos kirim dan juga pengemasan sehingga handphone baru yang diterima dalam kondisi yang aman.

Buatlah Daftar Pengeluaran

Buatlah daftar pengeluaran bulanan mulai saat ini juga, seperti pengeluaran dalam kebutuhan pokok,  cicilan serta biaya-biaya lainnya. Hal ini akan membantu kamu untuk mengetahui berapa banyak uang yang bisa disisihkan untuk membeli handphone baru. Tentu saja kamu juga harus memperhitungkan beban utang sebelumnya atau beban utang yang sudah ada.

Jika kamu sudah memiliki utang lainnya, artinya ada rasio aman yang harus dipatuhi. Rasio utang yang aman adalah tidak melebihi dari sepertiga penghasilan. Sebagai contoh jika penghasilan kamu 5 juta per bulan artinya cicilan kamu tidak boleh lebih dari 1,5 juta per bulan. Dengan begitu kamu harus bisa menghitung kondisi finansial kamu saat ini apalagi jika kamu ingin mengajukan credit HP tanpa DP.

Agar bunga yang dibayarkan tidak terlalu besar kamu bisa memilih Kredivo yang memiliki bunga cicilan hanya 2,6% saja perbulan dengan tenor 6 sampai dengan 12 bulan. Malahan kamu bisa memilih tenor 3 bulan tanpa bunga sama sekali, cukup bayar biaya administrasinya saja sebesar 3% dari harga barang yang kamu beli.

Pastikan melakukan pendaftaran lewat aplikasi resmi dan ajukan sebagai member premium supaya bisa mendapatkan limit pinjaman sampai dengan 50 juta Rupiah.

Sisihkan Uang Secara Berkala

Jika kamu tidak berminat untuk mengajukan cicilan kamu tetap bisa menyisihkan uang secara berkala dari sisa anggaran yang memang sudah kamu tetapkan. Kamu juga bisa mengambil sebagian dari tunjangan hari raya yang kamu dapatkan supaya kamu bisa menyisihkan lebih cepat dana yang memang kamu akan gunakan untuk membeli handphone baru.

Cari promo dan diskon

Ketika memasuki bulan puasa dan lebaran umumnya selalu ada tawaran promosi dan diskon yang bisa kamu manfaatkan. Dengan begitu kamu bisa mendapatkan harga di bawah normal, sehingga harga yang kamu bayarkan bisa lebih ringan.

Jangan lewatkan juga penawaran ataupun diskon yang ditawarkan oleh marketplace yang biasanya menawarkan diskon besar-besaran pada saat lebaran. Jika kamu membelinya secara online pastikan bahwa kamu menggunakan asuransi untuk pengiriman sehingga jika ada terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan kamu bisa mengajukan klaim asuransi untuk menggantikan barang yang kamu beli.

Cari Handphone yang Sesuai Anggaran

Carilah handphone yang sesuai dengan anggaran yang sudah kamu tetapkan. Jangan mencari handphone yang di luar dari anggaran yang sudah ditetapkan sehingga tidak mengganggu kondisi finansial.

Oleh karena itu, kamu harus menyesuaikan handphone yang kamu pilih dengan anggaran yang kamu miliki. Jangan sampai kamu membeli handphone yang harganya di luar dari ada yang anggaran yang sudah ditetapkan. Oleh karena, itu sebelum menentukan jumlah yang harus dikumpulkan kamu sudah harus membandingkan dan melakukan riset terlebih dahulu handphone apa saja yang memang memiliki kebutuhan atau sesuai dengan ekspektasi yang kamu harapkan.