4 Khasiat Konsumsi Buah Matoa, Tingkatkan Kekebalan Tubuh dan Kesuburan Pria

Matoa merupakan salah satu jenis buah dari tanaman yang berasal dari Papua. Buah matoa memiliki nama asli Pometia pinnata yang juga dikenal dengan sebutan Ton atau Taun.

Buah matoa mempunyai tekstur yang kenyal dan berwarna bening seperti buah kelengkeng atau rambutan. Rasanya pun juga hampir sama dengan kedua buah tersebut.

Batang pohon buah matoa bisa mencapai ukuran 20 meter dan menghasilkan buah yang berbentuk lonjong. Pohon buah itu hanya bisa tumbuh di daerah tropis dari mulai bulan Juli hingga Oktober di setiap tahunnya.

Dilansir dari journal.unimma.ac.id, berdasarkan hasil studi dalam Jurnal Farmasi Sains dan Praktis, buah matoa mengandung nutrisi dan antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa nutrisi mampu menghasilkan vitamin C dan vitamin E, mineral, serta tanin sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Sedangkan antioksidan dalam buah matoa berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang menyebabkan pertumbuhan sel kanker pada tubuh. Adapun manfaat lain dari buah matoa ini antara lain:

1. Menurunkan tekanan darah

Khasiat dari buah matoa yang pertama adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah. Ekstrak buah matoa ini mengandung zat diuretik yang berguna untuk meningkatkan jumlah cairan yang dikeluarkan dari dalam tubuh. Bila tubuh mengeluarkan lebih banyak cairan (termasuk dari pembuluh darah), maka tekanan darah akan berangsur-angsur menurun.

2. Membantu memelihara sistem kekebalan tubuh

Buah matoa yang terkenal akan rasa manisnya ini juga memiliki kandungan gizi yang beragam, di antaranya vitamin C danvitamin  E.  Vitamin C yang terdapat dalam buah ini bermanfaat untuk memelihara sistem kekebalan tubuh. Sementara itu, kandungan vitamin E sangat baik untuk kesehatan kulit dan kesuburan pria.

3. Berguna melawan penyakit infeksi

Buah matoa ternyata juga berguna untuk melawan penyakit infeksi. Sifat antioksidan dan antibakteri yang ada pada ekstrak kulit matoa dipercaya dapat menghambat perkembangan bakteri penyebab infeksi saluran napas dan saluran kemih.

4. Membantu mencegah penyakit berbahaya

Khasiat lain yang bisa didapatkan dari mengonsumsi buah matoa adalah bisa menurunkan risiko penyakit kronis, seperti penyakit  stroke, diabetes, dan kanker. Hal ini disebabkan karena buah matoa sangat kaya akan zat tanin.

Zat tanin dalam buah matoa berfungsi untuk melawan efek radikal bebas yang muncul di dalam tubuh. Efek radikal bebas ini jika dibiarkan terus-menerus akan berujung menjadi penyakit kronis.

Untuk memperoleh matoa, caranya sangat mudah, Kamu bisa pesan buah matoa secara Online di tanihub.com dengan bantuan smartphone dan internet.

Selain matoa ada juga aneka buah, sayur, bumbu, telur & unggas, ikan, kebutuhan masak dan sembako di TaniHub.

Tak hanya lengkap dan berkualitas, belanja di TaniHub juga banyak keuntungannya seperti mendapatkan layanan pengiriman yang cepat, layanan hubungan pelanggan selama 7 hari, metode pembayaran yang beragam, promo – promo menarik serta layanan kepuasan pelanggan yang menjamin penggantian jika barang yang dipesan tidak sesuai.

Saat ini TaniHub sudah dapat diakses di Jabodetabek, Bandung, Sumedang, Yogyakarta, Solo, Semarang, Surabaya, Malang, Pasuruan, Bali dan akan terus melebarkan layanannya tiap tahunnya