Festival Taliwang dan Keindahan  5 Surga  Wisata Sumbawa

Table of Contents

Sumbawa selalu dikenal karena wisata alamnya yang indah. Kondisi alamnya yang masih benar-benar terjaga dan tradisi masyarakat setempat yang jauh dari kontaminasi hiruk pikuk kesibukan sebuah kota besar. Tidak heran, jika pada akhirnya banyak orang memutuskan untuk berlibur kesana. Untuk bersantai sejenak,menikmati keindahan alam dan festival Taliwang yang sungguh luar biasa.

Berbicara tentang Festival Taliwang yang juga menjadi keindahan dan daya tarik wisata Sumbawa. Kamu pasti penasaran seperti apa kemeriahan festivalnya di tahun sebelumnya dan bagaimana rencana tentang festival Taliwang 2022? Yuk intip info nya biar gak ketinggalan.

Sekilas Tentang Kemeriahan Festival Taliwang 

Setelah sukses dengan Festival Taliwang 2019 dengan puncak acara yang berjudul “Musikal Pesona Lumpur Seni Taliwang”, kini Festival Taliwang 2022 akan hadir kembali dalam bentuk yang berbeda meskipun panggung lumpur tetap dipertahankan sebagai identitas unik dari Festival Taliwang

Perhelatan tahun ini akan dimeriahkan dengan tari-tarian tradisional khas Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dipadukan dengan tarian modern yang akan diiringi oleh musik sakeco dalam gaya reggae, rap, hip hop, beatbox, jazz. Tema Festival Taliwang 2022  adalah “isong bale’. Tema ini terinspirasi dari sebuah ritual tradisional memindahkan rumah secara gotong royong dan penuh kebersamaan, oleh karena itu pada acara ini akan ditampilkan pula sebuah koreografi memindah rumah, mengangkat rumah kayu menuju panggung lumpur dan membuka rumah kayu yang bersifat knockdown itu menjadi panggung untuk konser musik kontemporer. 

Acara ini diharapkan akan berdampak dalam meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan, meningkatkan pendapatan daerah serta masyarakat, serta memupuk kerjasama antara pemangku adat, masyarakat, dan pemerintah sebagai pemangku kepentingan.

Atraksi Menarik Lainnya di Wisata Sumbawa

Pantai Lakey

Pantai Lakey menjadi satu dari 11 tempat wisata Sumbawa yang recommended untuk dikunjungi. Pantai Lakey dikenal juga dengan sebutan pantai kidal. Hal tersebut merujuk kepada arah ombak yang ke kiri.

Ekosistem di pantai tersebut masih terjaga baik, bahkan di titik tertentu hanya dengan kasat mata saja bisa melihat kehidupan bawah lautnya.

Di tepian pantainya terdapat banyak ragam whana, serta fasilitas penunjang lainnya, yang akan membuat nyaman kunjungan wisatawan. Salah-satunya terdapat taman bunga di tepian pantai.

Lokasi dan alamat Pantai Lakey berada di Jambu, Pajo, Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

  • Harga tiket masuk Pantai Lakey Rp. 15.000 per orang
  • Pantai Lakey buka selama 24 jam, setiap hari

Pulau Paserang yang Tak Boleh Terlewatkan

Satu lagi pulau syahdu yang harus kamu datangi! Jika Pulau Kenawa tidak memiliki fasilitas apapun untuk pengunjung, Pulau Paserang/Pasaran cenderung lebih memudahkan para wisatawan dengan saung, toilet, dan penerangan listrik. Menginap semalam di sini untuk menanti matahari terbit, mengapa tidak?

Trekking di Pulau Paserang terbagi menjadi dua jalan, sisi barat dan sisi timur. Dari sisi barat, kamu bisa memandang megahnya Gunung Rinjani. Sementara di sisi timur, kamu akan dihibur dengan hamparan laut biru. Ketika kamu menuruni bukit, sempatkan untuk berenang atau snorkeling. Maklum, airnya jernih banget! Sayang untuk dibiarkan begitu saja, dong?

Pulau Kenawa yang Turistik

Pulau Sumbawa dikelilingi oleh pulau-pulau kecil yang menarik hati, sebagai contoh Pulau Kenawa. Pulau tidak berpenghuni seluas 15 hektar ini kerap menjadi tempat berkemah atau sekadar berfoto karena memang pemandangannya indah banget. Rencanakan waktu kunjunganmu berdasarkan musim, karena warna rerumputan di Pulau Kenawa sangat bergantung pada musim. Ingat untuk membawa air bersih karena tidak ada mata air di pulau ini.

Untuk menjangkau Pulau Kenawa, kamu bisa menyeberang dari Pelabuhan Poto Tano menggunakan perahu kayu milik masyarakat setempat. Seusai berkeliling pulau, kamu bisa snorkeling atau berenang di pantai. Berhubung pulau ini tergolong sepi, kamu akan dimanjakan dengan air yang masih sangat bening. Yakin bisa tahan untuk tidak menceburkan diri?

Bersantai di Gili Bola/Pulau Bedil

Jika Pulau Kenawa ‘hanya’ berisi rerumputan, Gili Bola/Pulau Bedil ini ditumbuhi ratusan pohon kelapa. Kabar baiknya, hanya ada satu bangunan yang berdiri di pulau ini, yaitu rumah penjaga pulau. Serasa memiliki pulau pribadi!

Untuk mencapai pulau ini, kamu perlu menyeberang dari Labuan Pade atau Labuan Bajo (yang berada di Sumbawa Besar, ya). Sebenarnya ada beberapa ‘gili’ atau pulau kecil di sekitarnya, seperti Gili Panjang, Gili Keramat dan Gili Temudong. Akan tetapi, saat ini Gili Bola yang paling terkenal. Wisatawan lokal pun gemar menghabiskan waktu di sini bersama rombongan. Biasanya mereka membawa alat memasak sendiri, lalu memancing ikan di pinggir pantai. Ide yang menarik, nih.

Belajar Selancar di Pantai Maluk

Menempuh perjalanan sekitar tiga jam dari Bandara Sultan Muhammad Kaharuddin, ada sebuah pantai yang digemari wisatawan mancanegara. Disebut-sebut sebagai salah satu tempat selancar terbaik di Sumbawa, pada bulan Juni hingga Agustus hampir semua penginapan di sekitar pantai ini akan dipadati oleh surfer.

Ombak di Pantai Maluk dijuluki sebagai ‘Super Suck’ karena tingginya yang bisa mencapai dua meter, namun pecah sebelum sampai di tepi pantai. Hal ini disebabkan oleh dua bukit tinggi yang mengapit pantai, sehingga kamu yang tidak ingin berselancar bisa tetap berenang di pinggir pantai dengan aman.

Menyibak Tirai Air Terjun Kalela

Wisata Sumbawa Besar tidak hanya didominasi oleh pantai dan pulau yang unik, tetapi juga air terjun yang membius. Salah satunya adalah Air Terjun Kalela yang terletak di Desa Jereweh, sekitar 48 km dari Pelabuhan Poto Tano. Untuk mencapai air terjun, kamu harus berjalan kaki melewati persawahan yang akan menyegarkan pikiranmu.

Keunikan dari Air Terjun Kalela tak hanya terletak pada kolam alaminya yang berwarna hijau kebiruan. Namun, tebing tinggi yang mengalirkan air terjun tersebut memiliki rongga-rongga sehingga membentuk gua kecil. Kamu bisa mencoba mendaki bebatuan dan menembus air terjun. Harus bawa kamera waterproof untuk mengabadikan momen keren ini, nih!

Pastinya mengunjungi festival Taliwang akan terasa lebih maksimal jika kamu juga ikut menjaga protokol kesehatan. Dan jangan lupa masih banyak festival menarik lainnya selain festival Taliwang yang juga sayang jika terlewatkan.

Ingin tahu jadwal lengkapnya tentang festival menarik lainnya? yuk kunjungi website Karisma Event Nusantara sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *