Bukan Hanya Digunakan Sebagai Bumbu Pelengkap, Inilah Kandungan dan Sederet Manfaat Jahe Merah

Bila membahas mengenai bumbu dapur tentu tidak terlepas dari rempah-rempah, dimana Indonesia yang terkenal akan kekayaan rempahnya. Jahe menjadi salah satu jenis rempah yang cukup banyak digunakan dalam berbagai jenis masakan. Keberadaannya cukup mudah ditemukan dipasaran dengan harga yang relatif murah. Meskipun begitu, tahukah Anda jika jahe ternyata menyimpan berbagai manfaat untuk mendukung kesehatan tubuh. Ya, hal itu dikarenakan beragam kandungan baik tersimpan dalam jahe dan kesemuanya diperlukan oleh tubuh. Tidak heran jika selain digunakan sebagai bumbu, jahe sering juga dijadikan dalam minuman atau campuran obat tradisional.

Beragam Jenis Selain Jahe Merah

Kebanyakan orang ketika mendengar kata jahe pasti yang tertuju pada rempah jahe berwarna putih. Padahal secara nyata dan spesiesnya, jahe sendiri memiliki beragam yang dimana ukuran dengan warna rimpang, serta kandungan senyawa aktif yang berbeda. Dikatakan jahe merah memiliki kandungan yang lebih baik apalagi digunakan untuk pengobatan. Meskipun begitu, perlu juga sekiranya melihat jenis jahe lainnya supaya bisa membedakan yaitu:

  1. Jahe putih besar atau umumnya orang mengenal dengan jenis jahe badak atau jahe gajah.
  2. Jahe putih kecil atau sering pula disebut dengan jahe emprit.
  3. Lalu terakhir jahe merah yang dikenal mampu mendukung kesehatan tubuh ketika dikonsumsi rutin.

Kandungan Senyawa Pada Jahe Merah

Jahe termasuk dalam tanaman herbal yang berbatang, bentuk rimpang dengan daging dan akar putih, kekuningan dan kemerahan. Ada senyawa yang terkandung didalamnya seperti senyawa biokimia, senyawa zingerok, cineole, capsaicin, aspartic dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu, dalam jahe merah juga menyimpan berbagai jenis vitamin dan mineral seperti vitamin B2, vitamin B3, vitamin b6, vitamin B9, vitamin C, zat besi, kalium, magnesium, fosfor, zinc, dan kandungan minyak atsiri didalamnya. Kandungan minyak esensial pada jahe merah dinilai lebih tinggi tidak heran jika aroma dan rasa lebih pedas.

Beragam Manfaat Jahe Merah untuk Kesehatan

Adanya senyawa aktif serta nutrisi baik didalam jahe merah, ternyata memiliki manfaat yang baik pula untuk mendukung kesehatan. Alih-alih menjadikan sebagai tambahan bumbu dalam berbagai masakan supaya lebih sedap, ternyata Anda juga akan mendapatkan beragam manfaat bagi kesehatan seperti:

  1. Dapat mengurangi terjadinya peradangan yang ada pada tubuh.
  2. Dapat menurunkan kemungkinan asam urat menyerang Anda.
  3. Meminimalisir kemungkinan terjadinya resiko hipertensi atau penyakit jantung yang menyerang Anda.
  4. Dapat membantu melawan berbagai efek jahat seperti radikal bebas.
  5. Dapat meningkatkan kelancaran dari sistem pencernaan pada tubuh.
  6. Dalam membantu menyembuhkan atau mencegah terjadinya flu.
  7. Membantu untuk menurunkan berat badan berlebih.
  8. Membantu meminimalisir terjadinya infeksi ataupun serangan berbagai virus.
  9. Membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk melawan berbagai virus dan bakteri diluaran.

Itulah sederet manfaat tersembunyi jahe merah bagi kesehatan yang belum banyak diketahui oleh masyarakat. Tidak ada salahnya Anda menggunakan jahe merah pada tambahan bumbu masakan, selain itu bisa pula dijadikan dalam beragam jenis minuman atau bisa pula digunakan untuk campuran ramuan tradisional. Apapun fungsi jahe yang akan digunakan, pastikan jika Anda mendapatkan jahe merah yang berkualitas. Seperti pada TaniHub yang selalu memberikan produk rempah atau bumbu dapur pilihan langsung dari petani lokal. Kualitas sudah terjamin bagus sehingga kapan saja Anda kehabisan bumbu dapur atau rempah bisa langsung pesan di TaniHub dengan mudah dan cepat, yuk belanja di TaniHub.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *